RSS

tugas proposal kuantitatif sng marai edan

27 Jun

PROPOSAL PENELITIAN TENTANG PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER MENGGAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA  SISWA SMP  KELAS VII tahun ajaran 2011-2012
DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS  MATA KULIAH PENELITIAN KUANTITATIF
DI SUSUN OLEH
Nama     :Dhanar Wiyanti S
Nim        :K3210015

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS  NEGERI SEBELAS MARET SURAKARTA

Judul Penelitian
“ Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler  Menggambar terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya   Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selo  Boyolali Tahun Ajaran  2012/2013

BAB I
Latar Belakang
Pentingnya Pendidikan yang dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya secara optimal, dengan  pengembangan potensi individu yang setinggi-tingginya dalam aspek fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual, sesuai dengan tahap perkembangan serta karakteristik lingkungan fisik dan lingkungan sosio budaya di mana dia hidup.Namun pada era Globalisasi  ini banyak sekali siswa yang tak mampu menyeimbangkan kegiatan tambahan di luar jam sekolah  dengan  kegiatan Belajar  Mengajar di Sekolah .
Sekolah sebagai Instansi yang terkait, menfasilitasi siswa agar dapat mengembangkan kreatifitas siswa dengan adanya suatu wadah kegiatan yang di sebut ekstrakulikuler  salah satunya dengan ekstrakulikuler menggambar .
Untuk meningkatkan daya kreasi dan imajinasi serta psikomotorik siswa. Sekolah mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik. setiap siswa bebas memilih beberapa kegiatan ekstra yang paling disukai
Pada siswa kelas VII SMP N 1 Selo Boyolali dalam mengikuti mata pelajarn seni budaya terdapat ketertariakan karena mereka telah merasa senang dengan kegiatan menggambar di luar pembelajaran Seni Budaya.Namun dengan ketertarikan tersebut tidak menjamin bahwa prestasi belajar siswa akan baik. Harus terdapat suatu pembekalan kreativitas oleh pendidik dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam mata pelajaran seni budaya terutama yang berkaitan dengan Seni Rupa. Siswa perlu  adanya suatu pendidik yang dapat mengembangkan kemampuan yang telah di milki siswa yang tertarik dengan kegiatan menggambar.
Berdasarkan latar belakang yang di kemukakan di atas, maka perlu di adakan penelitian dengan judul“ Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler  Menggambar terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Selo Boyolali Tahun Ajaran  2012/2013 “
Identifikasi Masalah
Dari latar belakang masalah yang di uraikan di atas , maka dapat di identifikasi masalah dalam penelitian ini sebagai berikut:
1.    Belum mampu siswa menyeimbangkan kegiatan ekstrakulikuler dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah
2.    Minat siswa dalam Kegiatan Ekstrakulikuler belum tersalurkan  dengan baik
3.    Pemilihan kegiatan Ekstrakulikuler yang kurang tepat sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa

PEMBATASAN MASALAH
Untuk menghindari penafsiran yang salah dalam penelitian ini, masalah penelitian di batasi dengan memusatkan perhatian pada Kegiatan Ekstrakulikuler menggambar dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selo Boyolali tahun ajaran 2012/2013.

Rumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah , maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
b.    Adakah pengaruh  positif  yang signifikan antara kegiatan ekstrakulikuler menggambar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya  siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selo Boyolali tahun ajaran 2012/2013?
c.    Seberapa besar  pengaruh  positif yang signifikan  antara    kegiatan ekstrakulikuler menggambar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya  siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selo Boyolali tahun ajaran 2012/2013?

Tujuan Penelitian
Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan sebagai berikut :
d.    Untuk mengetahui apakah ada pengaruh  positif yang signifikan antara  kegiatan ekstrakulikuler menggambar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya  siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selo Boyolali  tahun ajaran 2012/2013.
e.    Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh positif  yang signifikan  antara  kegiatan ekstrakulikuler menggambar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya  siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selo Boyolali tahun ajaran 2012/2013
Manfaat Penelitian
Manfaat yang di dapatkan atas terlaksanaan penelitian ini adalah sebagai berikut: Manfaat  secara Teoritis
Secara teoritis penelitian bermanfaat untuk meningkatkan minat belajar yang kurang , memperluas wawasan pengetahuan atau kemampuan meningkatkan nilai sikap dalam rangka penerapan pengetahuan dan ketrampilan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran dan kurikulum sekolah.
Manfaat  secara praktis
1.    Sebagai masukan agar siswa mampu mengetahui  secara rinci pengaruh yang timbul  antara kegiatan ekstrakulikuler menggambar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya .
2.    Sebagai masukan untuk instansi yang berwenang agar dapat mengetahui seberapa besar pengaruh  yang timbul antara kegiatan ekstrakulikuler menggambar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya .

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
1.    Teori Kegiatan Ekstrakurikuler
Untuk meningkatkan daya kreasi dan imajinasi serta psikomotorik siswa,  sekolah mengadakan berbagai kegiatan di luar jam Pelajaran yang di sebut kegiatan Ekstrakulikuler.
Menurut  Mohammad Daud Ali(2000) , Kegiatan Ekstrakulikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan diluar jam sekolah yang telah di tentukan berdasarkan kurikulum yang berlaku. Dan kegiatan ini juga di maksudkan untuk lebih mengaitkan pengetahuan yang diperoleh dalam program kurikuler dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan
Kegiatan Ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik akan berpengaruh dengan prestasi belajar siswa . Setiap siswa bebas memilih beberapa kegiatan ekstrakulikuler  yang paling disukai
2.    Prestasi belajar adalah salah satu bukti yang menunjukkan kemampuan atau keberhasilan seseorang yang melakukan proses belajar sesuai dengan bobot atau nilai  yang berasil di raihnya(Wingkel:1996)
Sedangkan menurut Arif Gunarso (1993 : 77) mengemukakan bahwa prestasi belajar adalah usaha maksimal yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar.

KERANGKA PEMIKIRAN
Berdasarkan teori di atas dapat di bangun kerangka pemikiran Kegiatan Ekstrakulikuler menggambar
PERUMUSAN HIPOTESIS
Di duga ada pengaruh  positif yang signifikan antara  kegiatan ekstrakulikuler menggambar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selo Boyolali tahun pelajaran 2012-2013 .

BAB III
TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
Tempat Penelitian ini di laksanakan
Tempat     : SMP Negeri 1 Selo  Kabupaten Boyolali
Alamat    : Jln Ki Hajar Saloka Km.1 ,Selo ,Boyolali.
Waktu    penelitian
Penelitian ini di rencanakan akan dilaksankan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Pelaksanaan penelitian di rencanakan akan secara bertahap dengan tahapan sebagai berikut:
Tahap persiapan, dilaksanakan pada tanggal 1 November 2012 sampai tanggal 1 januari 2013 meliputi penyusuna proposal, perijinan, survey sekolah dan konsultasi instrument penelitian.
Tahap Pelaksanaan , dilaksanakan pada bulan 1 maret 2013 samapai 30 April 2013 seliputi semua kegiatan yang dilakukan dilapangan yaitu pengumpulan data dan analisis data dengan rincian

1Maret  -30 APRIL 2013
M-1    M-2    M-3    M-4
Observasi
Dokumentasi
Angket

POPULASI DAN SAMPEL
Di tinjau dari lapangan di peroleh populasi ini adalah seluruh  siswa SMP Negeri 1 Selo kelas VII dan VIII yang mengikuti Ekstrakulikuler

Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa kelas VII yang mengikuti Ekstrakulikuler Menggambar yang berjumlah 10 siswa kelas VII SMP Negeri 1 selo, Boyolali tahun ajaran  2012/2013
Dalam penelitian ini , proses pengambilan sampling di lakukan menggunakan Random Sampling adalah teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setia anggota yang menjadi anggota sampel.
Sampel
Sampel dalam penelitian ini di ambil dari sebagian siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler menggambar. Jumlah anggota yang mengikuti kegiatan sejumlah 10 siswa, dan di ambil 5 siswa .
Teknik Pengambilan Sampel menggunakan teknik random / acak karena di pilih bila populasi bersifat homogen. Dilakukan melalui tabel bilangan random

TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Variabel Penelitian terbagi menjadi 2 yaitu
Variabel terikat
Prestasi Belajar (Y)
Variabel bebas
Kegiatan Ekstrakulikuler Menggambar  (X)
Teknik Pengumpulan data dari 10 siswa Responden pada hari Efektif (Senin – Sabtu) bulan September – Desember  2012 melalui
Studi observasi
Studi observasi di lakukan untuk melihat secara langsung kegiatan apa saja yang di lakukan oleh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler menggambar.
Studi dokumentasi
Studi dokumentasi dalam pengumpulan data penelitian ini di tujukan untuk memperoleh data langsung dari rapor siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler menggambar
Studi Angket
Studi angket di sebarkan pada 10 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler menggambar. Pemilihan dengan model angket ini , didasarkan atas alasan bahwa (1). Responden memilki waktu untuk menjawab pertanyaan – pertanyan yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakulikuler menggambar (2). Responden mempunyai kebebasan dalam memberikan jawaban.

RANCANGAN PENELITIAN
Penelitian ini di lakukan dengan teknik point biserial

Keterangan    :
X= Kegiatan Ekstrakulikuler Menggambar
Y= Prestasi Belajar siswa dalam pelajaran Seni Budaya
Teknik Analisis Data
Pengelolaan data guna di analisa di ambil dari hasil Kegiatan Ekstrakulikuler Menggambar (X) dan Prestasi Belajar Siswa(Y).
Dengan menggunakan Teknik Point Biserial rumus sebagai berikut:

Keterangan
Rbis    = Koefisien poin biserial
Mp        = Mean skor dari Siswa – siswa yang menjawab betul
Mt        = Mean skor total (skor rata-rata )
St        = Standart deviasi
P        = Proporsi siswa yang menjawab betul
q        =1-p
2. Uji Keberatian Koefisien Korelasi
Kriteria pengujian
Tolak ho jika t hitung > t tabel dalam hal ini Ho di terima pada α=0,05

 
Leave a comment

Posted by on June 27, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: